Siapa Hacker Itu ?


Saya merasa perlu menjelaskan istilah hacker. Definisi seseorang terhadap seorang hacker mungkin berbeda-beda, ada yang Mungkin mendefinisikan tentang hacker adalah seseorang dengan pekerjaanya yang kotor atau seorang penjahat cyber (penjahat di dunia jaringan luas/internetworking). Dikalangan kita, istilah hacker telah dirusak dan dinodai. Kini kita akan meluruskan apa definisi dari hacker itu yang sebenarnya. Ada berbagai kegiatan yang berhubungan dengan komputer biasanya dikaitkan dengan istilah “hacker“, namun ini keliru besar.
Sunguh sial bagi orang-orang yang betul-betul disebut sebagai “hacker” dalam dunia underground tech dan ini adalah sebuah penghinaan kepada mereka.

Ada berbagai jenis “hacker“, masing-masing dari mereka mempunyai tujuan yang berbeda-beda pula. Tujuan saya untuk menjelaskan hal ini adalah untuk membantu melindungi Anda dari keburukan mereka.

Hacker Anarsis
Ini adalah ciri-ciri hacker anarsis yang harus Anda ketahui!!!

  • Mereka semata-mata menyusup ke suatu sistem untuk merusak atau menggunakan informasi untuk membuat kerusakan.
  • Orang ini tidak bisa bertanggung jawab atas serangan terhadap sistem jaringan lokal.
  • Mereka mungkin lebih tertarik untuk mengetahu apa isi komputer orang lain.

Dari ciri-ciri diatas, sebagian besar Anda akan mengemukakan bahwa seorang hacker anarsis adalah orang yang memiliki sedikit keterampilan dalam berkomputer dan menyebut dirinya sebagai hacker. Mereka mengagungkan kepandaian dirinya pada orang lain.

Mereka menyebut diri mereka sendiri sebagai orang yang dapat menggunakan program-program dan utility yang siap dipakai untuk jaringan, menggunakan program tanpa tahu satupun bagaimana program itu bekerja terhadap dia dan jika mereka melakukan kejahatan untuk merusak sistem komputer orang lain lalu menyebut diri mereka adalah hacker. Maka orang ini disebut “Hacker Kacanganmwahahahahha…

Mereka menggunakan program(generator) untuk membuat malware dan memberikannya kepada orang lain. Tanpa tahu satupun apa yang dia lakukan kecuali kebenarannya untuk mengatakan “Yes… saya telah merusak komputer anu!!!

Ia menyombongkan dirinya kepada teman-temannya.

Apabila ada kerusakan yang terjadi kedalam sistem tersebut dia akan selalu mencoba untuk memperbaikinya. Orang-orang ini biasanya adalah siswa SMA. Mereka menyombongkan kemampuan mereka kepada teman-teman dan mencoba untuk membuat sebuah gambaran tentang seorang hacker.

Hacker
Hacker dari definisi adalah orang yang percaya untuk mengakses informasi bebas. Mereka biasanya adalah orang yang sangat cerdas, dapat mengetahui sistem komputer dari hal yang sangat kecil sampai yang kompleks hingga tahu apa yang dimiliki di sistem Anda. Biasanya mereka menyusup kedalam sistem komputer hanya untuk pertimbangan informasi. Hacker tidak seperti “Cracker dan Hacker Anarsis” yang diketahui dapat merusak sistem keamanan. Sayangnya, banyak orang yang keliru terhadap penggunaan kata “hacker” dalam mendefinisikan seorang perusak komputer, yaitu “Mereka yang telah mengetahui sifat komputer dan melakukan tindakan-tindakan yang terkait dengan aktivitas ilegal“. Hacker sejati sebagian besar melakukan aksinya di lembaga pemerintah. Mereka percaya informasi yang penting dapat ditemukan di lembaga pemerintahan. Bagi mereka resiko itu adalah harga. Semakin tinggi keamanan maka semakin tinggi juga tantangan. Semakin besar tantangan semakin besar juga kebutuhan mereka dengan informasi tersebut.

  • Beberapa orang dari berbagai kelas dan umur. Mulai dari siswa Sekolah Menengah Atas sampai tamatan Universitas. Mereka yang sangat ahli dalam pemrograman dan cukup pintar untuk tetap berdiam di sorotan cahaya monitor.
  • Mereka tidak menyombongkan tentang kemampuan dan prestasi karena mereka akan mudah dicurigai oleh orang lain. Mereka lebih suka bekerja di belakang layar dan mempertahankan identitas mereka.
  • Tidak semua hacker penyendiri, Anda akan sering menemukan mereka pada suatu lingkaran organisasi yang sangat ketat, namun masih ada tingkat anonimitas di antara mereka. Suatu organisasi pasti akan berkata berkata “jika mereka mengatakan mereka seorang hacker, maka mereka mengatakan tidak!

Cracker

Cracker disini didefinisikan sebagai orang orang-orang yang terampil dalam membobol perlindungan hak cipta perangkat lunak. Mereka biasanya sangat terampil dalam bahasa pemrograman. Serupa tetapi tidak sama, mereka sering disamakan dengan Hacker. Akan tetapi kemampuan mereka tidak bisa disamakan, hacker tau banyak tentang securiti dan jaringan komputer(sysadmin) sedangkan cracker tau banyak tentang pemrograman. Keduanya saling berlawanan dalam berbagai hal^^

Kita wajib mengetahui siapa mereka semua, karena dengan mengetahui siapa musuh kita maka kita akan mendapatkan cara untuk menghindarinya dari pada tidak sama sekali^^

So…
Kenali musuh dan dirimu sendiri, Anda akan selalu menang…

Sumber : Hacker Secrets

3 thoughts on “Siapa Hacker Itu ?

  1. Makasih Infonya mas….
    Sangat Bermanfaat

  2. iya nih bermanfaat bgt…
    makasi….

  3. sama-sama om^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s