Cara Installasi Fedora 20


fedora-penguin

Fedora merupakan salah satu distro linux yang populer. Distro linux turunan Red Hat ini dikenal sebagai distro yang stabil dan repository paling cepat diperbarui. Linus Torvalds yang merupakan seorang programmer dan penulis dari kernel linux, menggunakan Fedora di semua komputernya.

Persyaratan

Media installasi yang digunakan adalah DVD Fedora 20 (Heisenburg), ISO Linux dapat di download pada link berikut : Fedora x86_64 atau i386
6 GB ruang kosong pada hardisk.
2 GB RAM

Langkah-Langkah Installasi :

Langkah awal installasi dilakukan dengan melalukan booting melalui media DVD.

Pilih Install Fedora 20 untuk memulai proses installasi

Loader Installasi

Setelah proses loading sistem operasi selesai, Anda akan masuk ke tampilan mode grafis (GUI). Di langkah pertama ini silahkan pilih bahasa sesuai dengan yang Anda inginkan. Lanjutkan dengan mengklik button continue.

Selamat Datang

Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian media installasi selesai. Kemudian pilih Installation Destination

Installation Summary

Pilih lokasi hardisk yang akan di installasi. Lanjutkan dengan mengklik button Done yang ada di sebelah kiri atas.

Pilih Hardisk

Perhatian!!!
Sebelum melakukan partisi harap backup data Anda, penulis tidak bertanggung jawab atas kehilangan data setelah mengikuti langkah partisi ini.
Tutorial ini bukan untuk menginstall dual sistem operasi (OS).

Langkah selanjutnya, pada Installation Options pilih I want to review/modify my disk partitions before continuing. Untuk Partition Scheme pilih Standard Partition. Opsi ini di pilih agar kita dapat menentukan besar kapasitas hardisk yang akan dialokasikan untuk Fedora. Lanjutkan dengan button continue.

Installation Options
Pada pembagian partisi, tentukan dahulu partisi untuk swap. Untuk menentukan ruang partisi ini dilakukan dengan melakukan penghitungan

swap = total_ram * 2

misalkan jumlah ram pada laptop/desktop Anda adalah 2 Gb, maka

4 Gb = 2 Gb * 2

Kecilkan partisi untuk “/” kemudian tambahkan partisi swap berdasarkan perhitungan tadi. Setelah itu ubah lagi ukuran partisi “/” berdasarkan sisa dari ruang partisi yang kosong. Done.

Pembagian Partisi

Berikut perubahan yang akan dilakukan installasi terhadap hardisk Anda. Jika semuanya sudah benar, tekan button Accept Changes untuk melanjutkan.

Perubahan Partisi

Setelah semua tanda seru berwarna kuning hilang. Anda bisa memulai proses installasi cukup dengan mengklik “Begin Installation”

Installation Sumarry

Proses partisi dan pengkopian file sistem sedang di jalankan, Anda perlu mengkonfigurasi password root dan sebuah user baru. root merupakan sebuah akun yang memiliki privilege (hak akses) tertinggi pada sistem Anda, pastikan Anda memberikan password yang kuat. Password yang kuat umumnya terdiri dari >8 karakter yang mengandung alphabet (kapital/non-kapital), angka, simbol.

Set Root Password

Selanjutnya buat sebuah user baru, cukup dengan mengisikan nama Anda pada textbox Full Name dan sebuah password pastinya🙂

Username dan Password

Setelah semua selesai, silahkan duduk dan bersantai sambil menunggu proses pengkopian file sistem😀. Klik reboot untuk mengakhiri proses installasi. Selanjutnya Anda dapat login setelah proses booting pertama selesai.

Selamat mencoba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s